Pemasaran Langsung Budidaya Tanaman Hias
Pemasaran merupakan salah satu faktor yang sangat penting untuk mencapai tujuan usaha dalam rangka mendapatkan laba yang direncanakan. Beberapa faktor yang harus diperhatikan dalam menjalankan kegiatan pemasaran suatu produk antara lain jenis produk, persaingan produk, kebutuhan pasar, tujuan pemasaran dan hal lain yang berhubungan dengan produk itu sendiri seperti: harga jual, kualitas dan kemasannya.
Perlu dilakukan strategi yang tepat untuk menunjang keberhasilan
pemasaran produk. Salah satu strategi pemasaran yang bisa digunakan untuk
produk makanan awetan dari bahan hewan adalah 4p, yaitu product (produk),
Price (Harga), Place (Tempat) dan Promotion (Promosi).
- Product (Produk)
Beberapa hal yang penting diperhatikan mengenai produk adalah: (i) kualitas
yang mampu menjawab dan memuaskan keinginan konsumen, (ii) kuantitas yang
sanggup memenuhi kebutuhan pasar, (iii) penciptaan produk baru yang inovatif
sesuai keinginan konsumen, (iv) penciptaan nilai tambah pada produk, dan (v)
penciptaan produk yang mempunyai daur hidup (life cycle) panjang (jangan
cuma booming sesaat)
Pengembangan produk budi daya tanaman hias yang telah diperkenal-kan, adalah
untuk menjawab beberapa hal tersebut di atas. Perbaikan kualitas produk yang
mempunyai daya simpan lebih lama, serta kemasannya yang lebih baik di harapkan
dapat menjadi produk tanman hias yang lebih baik dan banyak diminati oleh
konsumen.
- Price (Harga)
Pada
penetapan harga produk, beberapa hal yang perlu dipertimbangkan di antaranya,
yaitu: (i) mempertimbangkan harga pokok produksi, (ii) menyesuaikan harga
produk dengan pasar yang kita bidik, dan (iii) melakukan perbandingan harga
dengan produk sejenis yang sudah ada di pasar.
Pada
produk Budi daya tanaman Hias yang dicontohkan pada bab ini, penetapan harga
didasarkan pada harga pokok produksi dan harga produk pesaing.
- Place (Tempat)
Beberapa pertimbangan dalam penetapan tempat menjual produk bisa dilakukan sebagai
berikut: (i) lokasi penjualan sebaiknya yang mudah dijangkau konsumen, (ii)
lokasi penjualan yang memiliki fasilitas yang memuaskan konsumen dan (iii)
lokasi yang mempunyai nilai tambah: ada arena bermain anak dan keluarga,
suasana belanja dan bertamasya, konsep "one stop shopping".
Produk budi daya tanaman hias yang dijadikan contoh pada bab ini dapat dijual
di tokok khusus bunga, toko yang menerima pesanan rangkaian bunga, kerja sama
dengan hotel dan restoran (biasanya setiap hotel atau restoran menyajikan bunga
di sudut ruangannya dan/atau di setiap kamar khusus untuk hotel.
- Promotion (Promosi)
Beberapa saluran promosi yang bisa digunakan dalam membantu meningkatkan
penjualan produk, bisa melalui media sosial, blog dan/atau website. Juga bisa
dengan mengikuti bazar-bazar yang banyak dilakukan berbagai instansi/organisasi
di lingkungan sekitar.
Bentuk pemasaran bisa
langsung atau tidak langsung, disesuaikan kebutuhan dan kondisi. Pemasaran
langsung menurut Direct Marketing Assocation adalah sistem pemasaran
interaktif yang menggunakan satu atau lebih media iklan untuk menghasilkan
tanggapan dan/atau transaksi yang dapat diukur pada suatu lokasi. Pemasaran
langsung biasanya menggunakan saluran langsung ke konsumen (Consumer direct)
untuk menjangkau dan menyerahkan barang dan jasa kepada pelanggan tanpa
menggunakan perantara pemasaran.
Pemasaran langsung untuk produk budi daya tanaman hias dapat menggunakan berbagai saluran untuk menjangkau calon pembeli dan pelanggan. Saluran itu seperti berikut.
Pemasaran langsung untuk produk budi daya tanaman hias dapat menggunakan berbagai saluran untuk menjangkau calon pembeli dan pelanggan. Saluran itu seperti berikut.
- Penjualan tatap muka: adalah kunjungan penjualan lapangan.
- Pemasaran surat langsung: terdiri atas pengiriman tawaran, pemberitahuan, pengingat, atau barang-barang lain kepada mail, e-mail, dan voice mail.
- Pemasaran melalui katalog: terjadi ketika perusahaan mengirimkan satu atau lebih katalog produk kepada penerima yang terpilih.
- Telemarketing: menggambarkan penggunaan operator telepon untuk pelanggan baru, untuk berkontak dengan pelanggan yang ada guna mengetahui dengan pasti level kepuasan pelanggan, atau untuk mengambil pesanan.
- TV dan media dengan tanggapan langsung lain: tiga cara tv dalam mempromosikan penjualan langsung: iklan tanggapan langsung, saluran belanja di rumah, dan videotxt dan tv interaktif.
- Pemasaran melalui kios: berupa mesin penerima pesanan pelanggan.
- Saluran Online Saluran terbaru dari pemasaran langsung adalah saluran elektronik. Istilah perdagangan elektronik (e-commerce) menggambarkan satu varietas luas dari perangkat lunak atau sistem komputer elektronik, seperti pengiriman pesanan pembelian kepada pemasok melalui elektronik data interchange (EDI), penggunaan faks dan e-mail untuk melakukan transaksi; penggunaan ATM, kartu smart untuk memudahkan pembayaran dan mendapatkan uang tunai secara digital; dan penggunaan internet dan layanan online.
Budi daya tanaman hias tentu memerlukan media yang tepat untuk sarana
promosi produknya. Media promosi yang bisa digunakan untuk pemasaran produk
khas daerah ini di antaranya adalah sebagai berikut.
- Pertemuan Rutin
Pertemuan rutin pada area paling kecil, misalnya RT/RW dan/atau komplek
perumahan bisa dijadikan media promosi tanaman hias yang efektif. Jadi, bisa
dilakukan izin promosi pada pertemuan tersebut. Pertemuan rutin itu bisa
pertemuan PKK, dharma wanita, arisan dan lainnya.
- Pameran/Bazar
Saat
ini banyak sekali diselenggarakan pameran/bazar, baik oleh instansi/departemen
tertentu, maupun pihak swasta dan perorangan. Ajang ini bisa digunakan untuk
media promosi tanaman hias yang baik. Biaya yang dikeluarkan juga biasanya
tidak terlalu besar, masih sangat terjangkau oleh skala usaha kecil dan
menengah (UMKM).
- Media Sosial
Keberadaan media sosial saat ini sudah begitu menjamur, dimana berbagai
kalangan sudah sangat familiar dengan facebook, twitter, instagram dan lainnya.
Hal ini tentu bisa dimanfaatkan untuk media promosi yang efektif dan efisien.
Sumber : https://www.firde7.xyz/2017/01/prakarya-dan-kewirausahaan-pemasaran_10.html
picture by pinterest
Komentar
Posting Komentar